Minggu, 28 Februari 2016

Komitmen

      Adakalanya kita bekerja hanya mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan tanpa ada inisiatif atau kreatifitas yang dapat menunjang karir. Dengan honor atau gaji yang didapat kebanyakan mereka bekerja sesuai dengan pendapatan tanpa ada komitmen dari dalam dirinya. Sejauh manakah posisi kita berada dalam melaksanakan pekerjaan selama ini?, mungkin salah satu dari daftar komitmen dibawah ini ada pada diri kita?, atau memang tidak ada sama sekali?.

Berikut ini adalah daftar komitmen yang perlu kita pelajari dan pada posisi manakah kita berada:
  1. Komitmen Penuh: Pada umumnya ingin sekali melakukan sesuatu perubahan dan bertanggugjawab terhadap keberhasilannya. Berani merubah sebuah peraturan yang sedang dijalankan untuk meningkatkan kinerja yang lebih efektif dan efisien tanpa merugikan orang lain atau sebuah program. Inovatif.
  2. Komitmen: Pada umumnya ingin sekali melakukan segalanya dalam peraturan yang ada atau yang telah ditetapkan tanpa terlewati. Berani mempertahankan peraturan agar berjalan dengan baik dan bertanggungjawab atas keberhasilannya. Biasanya terjadi pada mereka yang bersifat teks book.
  3. Mengikuti Penuh: Pada umumnya selalu melihat manfaat dan hasilnya. Mengerjakan segala hal yang diminta atau diperintah oleh atasan, bahkan sering lebih. Mengikuti seluruh peraturan yang ada atau yang telah ditetapkan dengan baik. Boleh dikatakan sedikit mencari muka atau menunjukkan kemampuannya.
  4. Mengikuti Secara Formal: Pada umumnya hanya melihat menfaatnya saja dan melakukan apa yang diminta atau diperintah saja oleh atas, itu sudah cukup. Lumayan yang penting dapat nilai baik.
  5. Mengikuti Secara Terpaksa: Pada umumnya kurang melihat manfaatnya dan mengikuti peraturan walaupun kurang setuju yang penting tidak dipecat.
  6. Apatis: Pada umumnya tidak peduli terhadap peraturan yang ada atau yang telah ditetapkan, namun juga tidak menolak. Mereka tidak pernah memikirkannya.
  7. Tidak Mengikuti: Pada umumnya tidak akan melihat manfaatnya dan tidak akan mengikuti peraturan yang ada atau yang telah ditetapkan, serta tidak dapat dipaksakan juga. Lebih baik menyingkir saja.
Setelah membaca dan mempelajari daftar komitmen tersebut diatas, kita akan tahu berada pada posisi poin berapa. Semoga bermanfaat dan tingkatkan komitmen setiap waktu agar karir terus menanjak. Setuju boleh, tidak setuju juga boleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...